Pages

Labels

Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 21 Mei 2014

klik kanan Touchpad mogok di Ubuntu 12.04 LTS

jadi gini ceritanya, ada tugas dari asdos ane suruh install ubuntu buat materi praktikum. Ya karena mahasiswa yang patuh dan rajin mandi, maknya ane instal dah tu Ubuntu 12.04 LTS. Namanya juga masih awam sama ubuntu, orang pake windows aja kurang paham bner juga kog. Ada masalah yang ane temuin di antaranya klik kanan touchpad   mogok alias gak mau kedetect. Nha terus gimana solusinya? nih ane kasih kabar :

Buka terminal (shortcut : Ctrl + Alt + T), kemudian ketikkan perintah berikut di terminal.

$ sudo -i (tekan enter)



masukin pasword (tekan enter)

# echo options psmouse proto=exps > /etc/modprobe.d/psmouse.modprobe (tekan enter)

# reboot
(tekan enter)

Ente tau apa yang sebenernya terjadi?
Pada perintah pertama Ente masuk sebagai root atau super user,
kemudian yang kedua ane kurang ngerti sih tu proses ngapain tapi keliatannya tu proses ng'conect'in klik kanan touchpad ente.
Dan yang terakhir, reboot, tu buat me-restart laptop agan-agan sekalian.
Beres deh, slamat mencoba :D

0 komentar:

Posting Komentar